Lompat ke isi utama
x
Kelompok Pengamat BTR

Pengamatan Tumbuhan Tingkat Rendah Biologi'21 FKIP USK

Banda Aceh – Mahasiswa Pendidikan Biologi'21 FKIP USK menggelar praktikum lapangan dengan mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah (BTR) di daerah Brayeun dan Lhok Seudu, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar (23/10/2022). Kegiatan ini di ikuti oleh 91 mahasiswa didampingi oleh 3 orang Dosen Pengampu mata kuliah praktikum, Nazar Muhammad, S.Pd., M.Pd, Vivera Ruselli Puspa, S.Pd., M.Pd dan Nir Fathiya, S.Pd., M.Si. Serta 2 laboran (Taryanto, S.Pd dan Rahmi Ovita, S.Pd.), dan 8 orang asisten praktikum mata kuliah botani tumbuhan rendah.

Kebersamaan Rombongan KL BTR 2022Praktikum lapangan merupakan salah satu bentuk implementasi secara teoritis. Praktikum Lapangan juga merupakan salah satu kegiatan proses belajar mengajar yang mempunyai tujuan untuk menambah kompetensi mahasiswa secara langsung. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi di bangku kuliah saja, tapi mereka bisa mendapatkan ilmu secara teoritis keadaan di lapangan. kegiatan praktikum lapangan ini diberi pengarahan oleh bapak Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd.

Pengarahan Praktikum BTR 2022

Dalam pengarahannya, praktikum lapangan merupakan kegiatan yang menyesuaikan kegiatan dengan kondisi alam karena di lakukan langsung di lingkungan, agar bisa singkron antara teori dengan fakta dilapangan. Beberapa alat penunjang praktikum yang harus bawa oleh mahasiswa dalam pengamatan ini juga bukan peralatan ala kadarnya. Semua kelompok harus membawa alat seperti Ph Meter, Refrakto, Plankton Net, Termometer serta kamera  untuk mendokumentasikan pengamatan selama dilapangan.

Pengarahan Penggunaan alat oleh Salah satu Asisten Praktikum

Asisten Praktikum BTR (Gufran Ginting) didampingi Pihak Laboratorium (Taryanto, S.Pd.) memberikan pengarahan penggunaan alat-alat selama dilapangan.

Ph Meter

Kegiatan Praktikum BTR mengamati tumbuhan yang ada di air laut dan di air tawar serta didaratan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai tumbuhan tingkat rendah. (YIM)