Lompat ke isi utama
x
Visitasi Akreditas Program Studi Magister Pendidikan Biologi

Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Biologi

 

Assesmen Lapangan Program Studi Magister Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala

Sabtu, 5 November 2022

Banda Aceh- Dalam rangka pelaksanaan Reakreditasi tahun 2022, pada tanggal 4-5 November 2022 Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melaksanakan Assesmen Lapangan secara daring terhadap Program Studi Magister Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP USK). Lokasi assesmen lapangan dilakukan di ruang Teleconference FKIP USK, Darussalam, Banda Aceh.

Pembukaan visitasi

Tim asesor LAMDIK yaitu Dr. Agr. Saefudin, M. Si yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Drs. Sulisetijono, M. Si yang berasal dari Universitas Negeri Malang. Pelaksanaan akreditasi disambut oleh Pimpinan Universitas yang secara resmi dibuka oleh Rektor USK, Prof. Dr. Marwan, IPU., dalam sambutannya Rektor USK menekankan bahwa, “Universitas menaruh harapan terbaik agar program studi dapat unggul sehingga dukungan penuh selalu diberikan”.

Sebagaimana lazimnya asesmen lapangan juga diisi dengan wawancara dengan pimpinan universitas, Tim Penjaminan Mutu, Alumni USK, mahasiswa, pimpinan fakultas, dosen, dan tenaga kependidikan. Kedua asesor juga meninjau fasilitas secara virtual tour, fasilitas yang ditinjau meliputi; ruang dosen, laboratorium biologi, ruang pimpinan fakultas, ruang jurusan biologi, ruang prodi magister pendidikan biologi dan laboratorium praktik mengajar (microteaching). Proses reakreditasi yang dalam proses persiapannya memakan waktu 15 bulan ini dipimpin oleh Koordinator Prodi Magister Pendidikan Biologi Dr. Safrida, S.Pd., M. Si., AIFO. Dalam proses persiapan, tim berkolabolasi dengan pihak internal maupun eksternal USK sehingga asesmen lapangan Prodi Magister Pendidikan Biologi dapat berlangsung dengan lancar. Semoga USK Unggul dapat terwujud sesuai dengan harapan semua stakeholders.

Hari pertama dilakukan assesmen pada pimpinan unit pengelola program studi, konfirmasi data kuantitatif, pelaksanaan penjaminan mutu internal, konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED), alumni dan pengguna serta dosen. Assesmen kegiatan pembelajaran, tenaga kependidikan dan mahasiswa program studi magister pendidikan biologi dilakukan pada hari kedua.

Kegiatan Mengajar Oleh Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si.
Kegiatan PBM Mahasiswa magister pendidikan Biologi dengan dosen pengampu ibu Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si.
Sharing dengan mahasiswa S2
Wawancara dengan mahasiswa Magister Pendidikan Biologi
Klarifikasi Data
Pengarahan dari Asesor LAMDIK

Acara asesmen lapangan ditutup dengan pembacaan hasil penilaian oleh asesor dan foto bersama seluruh peserta dengan asesor. Koordinator program studi Dr. Safrida, S.Pd., M. Si., AIFO dalam penutupannya memaparkan harapannya agar prodi magister pendidikan biologi mendapatkan hasil yang terbaik.

Foto bersama
Foto Bersama Visistasi Akreditas Semua Stake Holder UPPS dan PS Magister Pendidikan Biologi dengan Asesor